Latar Belakang
Dalam
perkembangan zaman yang semakin modern yang di barengi perkembangan teknologi
yang sangat cepat dan pesat menjadikan gaya hidup seseorang semakin bervariasi
dan cenderung lebih konsuntif dibuktikan dengan adanya perkembangan media sosial
yang memudahkan seseorang untuk bersosialisasi satu dengan yang lainnya.
Akibatat dari perkembangan teknologi banya membuat perubahan dalam berbagai
sektor menjadi lebih berkembang. Begitu juga dengan di Indonesia perkembangan
teknologi membuat gaya hidup masyarakat Indonesia semakin berubah. Adanya
pengaruh budaya asing yang masuk sangat banyak mempengaruh masyarakat Indonesia
salah satunya di bidang kuliner. Banyak jenis makanan dari luar negeri yang
digemari oleh masyarakat Indonesia misalnya burger, sandwich, Spaghetti, cake
dll.
Salah satu camilan yang sejarahnya berasal dari luar negri
banyak di gemari masyarakat Indonesia salah satunya donat (donut). Asal-usul
donat sering menjadi sumber perdebatan. Salah satu teori mengatakan donat
dibawa ke Amerika Utara oleh imigran
dari Belanda
yang juga memopulerkan hidangan penutup lain, seperti: kue kering,
pai krim (cream pie) dan pai buah (cobbler). Cerita lain mengatakan
donat berbentuk cincin diciptakan kapten kapal asal Denmark
bernama Hanson Gregory. Sang kapten sering harus menyetir kapal dengan kedua belah
tangan karena kapal sering dilanda badai. Kue gorengan yang dimakan ketika
sedang menyetir ditusukkan ke roda kemudi kapal,
sehingga kue menjadi bolong. Kebetulan bagian tengah kue juga sering belum
matang, sehingga donat sengaja dibuat berlubang di tengah agar permukaan donat
yang terkena minyak bertambah dan donat cepat matang.
Donat (doughnuts atau donut) adalah penganan yang digoreng,
dibuat dari adonan
tepung terigu,
gula, telur
dan mentega.
Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin
dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya
manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan custard.
Adonan donat terdiri dari dua jenis, adonan yang dibangunkan dengan ragi seperti adonan roti, dan adonan kental
seperti adonan kue.
Donat dari adonan tepung yang memakai ragi biasanya kadar lemak 25% dari berat
donat, sedangkan donat adonan cake mengandung kadar lemak 20%. Donat dari
adonan cake digoreng selama 90 detik bolak-balik di dalam minyak bersuhu antara
190℃ hingga 198℃. Sedangkan donat dari
adonan tepung yang dibangunkan oleh ragi memerlukan waktu penggorengan yang
lebih lama (sekitar 150 detik) di dalam minyak bersuhu 182℃ hingga 190℃.
Perkembangan donat di Indonesia dimulai pada tahun pada tahun
1968, stan American Sejarah Donut di
Djakarta Fair (sekarang disebut Pekan Raya Jakarta) merupakan perintis donat
yang digoreng dengan mesin otomatis. Sejak itu, American Donut memiliki tradisi
tahunan membuka stan di Pekan Raya Jakarta hingga sekarang. Sekarang donat
telah biasa ditemukan sampai warung-warung di pedesaan jadi membuktikan donat
dapat di terima oleh masyarakat Indonesia dari segala lapisan.
Perkembangan teknologi membuka kesemptan bagi pebisnis untuk
mengembangkan bisnis mereka. Bisnis online banyak diminati karena banyak
memberi kemudahan dan memungkinkan produk yang ditawarkan dikenal secara
global. Dari hal tersebut saya mendirikan bisnis kuliner yang ditawarkan lewat
media sosial yang saya beri nama “Animo Donat” yang menawarkan donat yang
dikemas secara modern dan harga yang murah.
Profil Bisnis
Nama : ANIMO DONUT
Jenis Usaha : bisnis online di bidang kuliner
Alamat : Jln. Pulau Moyo Gang Telkom No. 5X
(di belakang kampus poltekes Bali)
Logo :
VISI
·
Membentuk Animo Donut sebagai International Premium Donuts Brand
terkemuka
·
Menjadi trend-setting
lifestyle dalam bidang kuliner
·
Menjadi perusahaan yang tepat bagi orang-orang yang tepat dalam meraih
cita-cita mereka.
MISI
·
menyediakan kualitas premium donat
·
Mendorong karyawan dalam meraih cita-cita
·
Menempatkan pelanggan sebagai prioritas
·
Berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dengan sungguh-sungguh
·
Menyediakan tempat yang sempurna untuk bersama
·
Memperlakukan setiap orang dengan hormat dan bermartabat
Produk
Yang Dijual
Produk yang kami
tawarkan adalah donut yang beraneka toping dengan harga yang miring. Produk di
pesan terlebih dahulu sehari sebelum pengiriman dan biaya ongkir dikenakan
kepada pemesan. pemesanan minimal orger 6 pcs (setengah lusin) dengan toping
bisa dipilih sesuai dengan keinginan pemesan. Bahan toping yang di gunakan
antara lain :
·
Aneka Coklat
·
Jell
·
Keju
·
Coklat Caviar
·
Bubuk Kopi
·
Kacang
·
Oreo
·
Meses
·
Dll
Daftar menu yang
di tawarkan :
Analisis SWOT
·
Strength (Kekuatan)
-
Donat yang berkualitas dengan harga yang terjangkau
-
Donat yang lembut dengan bahan baku yang bermutu
-
Dapat menentukan pilihan rasa sesuai keinginan
-
Produknya
yang fresh dan terasa enak di lidah
-
Sifat produk yang
konstan
·
Weakness (kelemahan)
-
Donat harus dipesan sehari sebelum
pengiriman
-
Pilihan toping yang masih terbatas
-
Kemasan yang belum menarik
-
Pelanggan yang harus menanggung ongkos kirim
·
Opportunities (peluang)
-
Membuat outlet seperti café
sehingga pengunjung bias menikmati produk kami secara langsung dan masih fress
-
Pengguna media sosial
yang semakin berkembang sehingga peluang pasar semakin besar
-
Gaya
hidup yang semakin bervariatif dan konsutif
·
Threats (ancaman)
-
Pesaing yang
memang sudah memiliki nama besar
-
Maraknya bisnis
online serupa
Rencana Usaha
Rencana Jangka
Pendek pendek usaha ini adalah memenuhi target penjualan yaitu 20 box per hari
agar keuntungan yang diperoleh maksimal dan dapat membantu pengembangan
produksi.
Rencana Jangka
Menengah dari usaha ini mendirikan otlet yang dapat menjangkau konsumen secara
langsung sehingga pelayanan lebih cepat
dan lebih nyaman sehingga kepuasan konsumen dapat terpenuhi
Rencana Jangka
Panjang usaha ini adalah membuka cabang di beberapa daerah yang memiliki
tingkat pasar yang strategis
Analisis Pasar dan Pemasaran
a) Target
Pasar
yang merupakan kunci penting untuk
diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha donat online bekerja
berdasarkan pesanan. Kegiatan produksi dimulai apabila telah pesanan telah
diterima. Maka, tanpa pesanan, kegiatan produksi perusahaan donat online tidak bekerja dan pengguna media sosial merupakan faktor yang
paling menentukan hasil penjualan dari donat online ini .
Target pasar adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan
tenaga tanpa keluar untuk membeli makan yang mereka inginkan.
b) Konsep
pemasaran
- terdiri dari 4 elemen
Produk (product) ,
Varian pilihan
toping yang beragam memungkinkan menarik peminat konsumen untuk membeli produk
Animo Donut. Bisnis online yang memudahkan konsumen yang tidak perlu keluar
untuk membeli donat yang diingikan memudahkan penjualan produk dalam usaha ini.
Harga
(price),
Harhga yang
terjangkau dengan kualitas yang bagus merupakan handalan dari pemasaran dari
produk animo donut ini.
Tempat (place),
Bisnis ini berbasis online atau menerima
pesanan sehingga tidak memerlukan tempat untuk menjual produk ini.
Promosi
(promotion)
Promosi merupakan
faktor penentu kelangsungan usaha ini karena usaha ini berbasis online sehingga
tanpa promosi produk yang di tawarkan tidak akan di kenal oleh konsumen. promosi
yang sering di lakukan yaitu dengan mengiklankan produk ke media sosial karena
tidak membutuhkan biaya yang mahal.
c) Pesaing
Banyak bisnis online yang serupa merupakan
pesaing yang sangat mempengaruhi kelangsungan usaha ini. Usaha mempertahankan mutu
merukan jalan yang paling utama dilakukan untuk mengantisipasi kalah dalam
bersaing. Usaha serupa yang sudah memiliki nama besar juga sangat mempengaruhi
secara tidak langsung pengaruh yang baik maupun pengaruh yang buruk.
Analisis Keuangan
- Bahan Baku :
Terigu 2 Kg
: Rp. 14.000
Telur 1 Kg : Rp.
12.000
Gula pasir 1 Kg
: Rp. 10.000
Air : Rp. -
Garam : Rp. 2.000
Soda kue : Rp.
3.000
Blue band : Rp.
5.000
pewarna kuning
: Rp. 3.500
Fermipan (pengembang soda) : Rp.
3.500 Rp.
53.000
-Bahan Taburan :
Kacang tanah ½ Kg
: Rp. 5.000
Meises
: Rp. 5.000
Keju
: Rp. 11.000
Susu kental manis : Rp. 7.000
Wijen : Rp.
5.000 +
Rp. 33.000
-Bahan Baku Tambahan :
1. Kardus
: Rp. 5.000
Box : Rp. 12.000
Garpu : Rp.
7.000
Pisau
: Rp.
5.000 +
Rp. 29.000
- Modal
Bahan
baku + Bahan taburan + Bahan baku tambahan +
Rp. 53.000 + Rp. 33.000 + Rp. 25.000
= Rp.111.000
a. Omzet dan
analisa titik impas
Dengan 100 kg terigu kita bisa mendapatkan kurang lebih 4000 buah donat
, dengan harga jual perbuahnya Rp. 4000 , maka omzet per-bulannya adalah:
4000 buah x Rp 4.000 = Rp16.000.000,-
Maka Penghasilan bersih perbulan adalah:
Pemasukan – Pengeluaran
Rp16.000.000 – Rp 6.023.000
= Rp9.977. 000,-
Sehingga titik impas terjadi
pada :
Rp 6.023.000 / Rp 9.977.
000 = ±4 Bulan
b. Sumber
permodalan
Sumber
modal kami dapat dari hasil pinjaman bank.
Analisis
SDM
Animo donut menggunakan konsep usaha rumahan sehingga tidak memerlukan
pegawai yang terlalu banyak . Pekerja yang di butuhkan dalam usaha ini 1 untuk
produksi kue, 1 untuk bidang toping dan 1 di bagian pengemasan.
terimakasih atas ilmunya Kak, sangat menarik...
ReplyDeleteAplikasi Kasir Restoran Terbaik